Home » Berita »

BI Sosialisasi Uang Baru Tahun Emisi 2016 di Kejati DIY

16 Februari 2017 | 12:47 - Berita Kejaksaan

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY melakukan sosialisasi uang rupiah Tahun Emisi 2016 kepada para jaksa di lingkungan Kejaksaan se- DIY, hari ini Kamis (16/2). Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman jaksa tentang uang.

Kepala Kejati DIY Tony T. Spontana mengaku, sosialisasi ini untuk mendukung kinerja kejaksaan dalam menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan uang, seperti pemalsuan, peredaran, dan kegiatan perbankan ilegal lainnya.

“Kalau kita menindak tentang pemalsuan uang sementara kita nggak tahu palsunya di mana, maka BI sekarang sosialisasi. Jangan seperti kasus penanganan yang pernah terjadi soal iPad. Jaksa nggak tahu cara pakainya [iPad], itu memalukan. Semoga nggak terjadi di DIY,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 dan Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank bagi Para Jaksa di Jajaran Kejaksaan DIY.

Menurutnya, kasus pemalsuan uang dan kegiatan ilegal dalam penukaran valuta asing tidak hanya dilihat dari aspek pemalsuan uangnya tetapi perlu dilihat dari sisi variabel lainnya.

“Di balik itu ada masalah lain seperti terorisme, kejahatan narkotika, dan pencucian uang. Maka hulunya harus dipahami,” lanjut Tony.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto mengatakan kejaksaan menjadi instansi pertama yang mendapat sosialisasi uang baru ini.

"Terbitnya UU No.7 2011 tentang mata uang menjadi dasar hukum kewajiban penggunaan Rupiah dalam transaksi di wilayah NKRI. Kami harapkan kerjasama ini dapat menegakkan undang undang yang berlaku," ujar Budi.

Budi menambahkan, pihaknya memastikan siap membantu kejaksaan dalam penanganan perkara pemalsuan uang rupiah. "Nanti kami siap menjadi saksi ahli jika ada pemalsuan uang rupiah. Mengingat uang ini merupakan simbol NKRI. Untuk itu kami bersama kejaksaan sama-sama menegakkan hukum. Untuk memberikan pengetahuan tentang cirri-ciri uang rupiah, kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.

(#30 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 90
Visited 4501