Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta - Berita

Home » Berita »

Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Sosialisasi Penanganan Ekstradisi

20 Juni 2019 - Berita Kejaksaan

Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejagung RI hari ini Kamis (20/6/2019) bertempat di Hotel Marriot Yogyakarta, mengadakan acara "Sosialisasi Peraturan Kejaksaan RI Nomor 006 Tahun 2018 tentang Pedoman Penanganan Ekstradisi" dengan peserta diikuti oleh seluruh Asisten pada Kejati DIY, para Kajari se- DIY, Koordinator, para Kasi Bidang Pidum dan Intelijen se- DIY, serta dari Kejati Jawa Timur.

Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung RI, Darmawel Aswar, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan peraturan ini sebagai SOP jaksa dalam menangani perkara ekstradisi. Sebelumnya Kejaksaan belum memiliki SOP, hanya sebatas petunjuk tertulis dan pendampingan. Teknis yang diatur dalam peraturan itu di antaranya tentang formulir penanganan perkara ekstradisi, masa tahanan, dan apa saja yang harus dilakukan jaksa.

Kepala Biro menambahkan bahwa ekstradisi merupakan permintaan dari sebuah negara untuk mengirimkan orang yang bersembunyi di negara lain. Diduga orang tersebut telah melakukan kejahatan di negara yang meminta ekstradisi. Permintaan ekstradisi itu bisa dilakukan oleh Indonesia atau negara lain. Kota-kota yang pernah melakukan ekstradisi ke negara lain di antaranya Bali, Batam, Yogya, Jawa Timur dan Jakarta.

Sementara itu Kajati DIY Erbagtyo Rohan, S.H., M.H. dalam sambutannya seusai membuka acara tersebut mengatakan menyambut baik dengan adanya sosialisasi ini sehingga menambah pengetahuan dan pedoman para jaksa dalam memahami bagaimana cara menangani perkara ekstradisi karena sekarang ini perkara cukup kompleks.

Acara sosialisasi tersebut ditutup oleh Wakajati DIY Oktovianus, S.H., M.H yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.

(#25 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

PENDAPAT

Bagaimana tentang pelayanan Kejaksaan menurut Anda ?






Lihat Hasil

Statistik

Pengunjung Saat Ini 1
Dikunjungi 29601

AGENDA

September 2019
MSSRKJS
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

    Testimonial

    "Tegakkan hukum terutama berantas korupsi jangan tebang pilih..sem ua sama di mata hukum..!"
    Dwiyanto , Wiraswasta (Jl Jambon Km 1,2 Sleman)
    "Wujudkan tata kelola pemerintah an yang baik (good governance ) dan merubah persepsi masyarakat yang negatif terhadap kinerja Kejaksaan."
    Sigit Hardiyanto , Karyawan Swasta (Jl. Jambon 105 Sleman)
    ""
    ()
    "koruptor makin bengis, ibu pertiwi menangis, mari bergerak sinergis ! #LAWAN-KOR UPSi"
    Nur Avicenia , mahasiswa (Banguntapan)
    seribu-kunan g-kunang.blo gspot.com
    "Berantas korupsi sejak dini dimulai dari sekarang dan lingkungan terdekat kita. SAY NO TO CORRUPTION !"
    Hafiz R.R , Pelajar (Jl. Magelang Km 1,4 Yk)

    Tambah | Lihat