Home » Berita »

Kajati DIY Hadiri Pembukaan Penyusunan Musrenbang Tahun 2018

15 Maret 2017 | 11:08 - Berita Kejaksaan

Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Sri Harijati P. menghadiri Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) DIY tahun 2018, Rabu (15/03) di Royal Ambarukmo Yogyakarta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa seperti yang pernah diarahan oleh Presiden RI bahwa pertumbuhan ekonomi di Tahun 2018 diharapkan dapat tumbuh sebesar 6,1 persen. Hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama untuk mencari sumber-sumber pendongkrak pertumbuhan ekonomi tersebut.

Menurutnya dalam hal ini, terdapat enam sektor utama yang memiliki sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan, yaitu Industri pengolahan terutama non-migas, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, konstruksi, serta jasa keuangan. Namun untuk menindaklanjutinya, maka di tahun 2018 pembangunan difokuskan pada tiga sektor prioritas yang akan ditingkatkan peranannya terhadap pertumbuhan dan penciptaan lapangan pekerjaan yaitu industri pengolahan, pertanian, dan pariwisata. Sementara itu, konsumsi dan investasi tetap harus menjadi pendorong pertumbuhan.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur DIY, Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa dari sisi akuntabilitas kinerja sudah dua tahun Pemerintah Daerah DIYmendapatkan nilai tertinggi pada level provinsi dan mendapatkan nilai A. Dari sisi pengelolaan keuangan, Pemerintah Daerah DIY juga selalu mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Selanjutnya dari sisi perencanaan, juga sudah beberapa tahun ini mendapatkan apresiasi dan penghargaan Anugrah Pangripta Nusantara dari Pemerintah.

DIY masih memiliki tantangan-tantangan untuk lebih mensejahterakan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan angka kemiskinan yang masih tinggi di atas rata-rata nasional, indeks ketimpangan wilayah serta indeks ketimpangan pendapatan yang masih tinggi. Untuk itulah perlu pemikiran dan kerja keras stakeholder pembangunan di DIY.

Gubernur DIY menambahkan bahwa, perlu adanya penjabaran dalam strategi pembangunan, yaitu : Pertama, pembangunan hendaklah dilaksanakan secara holistik komperehensif dengan memperhatikan seluruh dimensi yang terkait. Kedua, pembangunan sumberdaya manusia harus memuliakan manusia untuk menjadi lebih mandiri dan berdaya saing. Ketiga, pembangunan diprioritaskan untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan pendapatan. Keempat, pembangunan dilakukan agar tidak menimbulkan disparitas. Dan kelima, pembangunan diperhatikan agar tidak merusak, menurunkan daya dukung lingkungan dan ekosistem.

Menurut Ketua Bappeda DIY, Tavip Rayanto dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa, tujuan pelaksanaan kegiatan Musrenbang ini bertujuan untuk Mematangkan rancangan RKPD 2018 menjadi rancangan akhir RKPD, dengan cara menyerasikan program kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran Rancangan RKPD DIY. Selain itu menyerasikan rancangan RKPD DIY dengan rancangan RKPD Kabupaten/Kota, dan mendapatkan masukan akhir dalam penyusunan RKPD DIY, yang merinci program/kegiatan prioritas, disertai indikasi pendanaannya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula penyerahan anugerah Reka Cipta Bhakti Nugraha oleh Gubernur DIY kepada Kabupaten/kota. Adapun sebagai juara di tahun 2016 ini adalah Kabupaten Kulonprogo yang selanjutnya akan mengikuti proses penilaian di Tingkat Pusat bersaing dengan 34 perwakilan kabupaten/kota se Indonesia.

Hal itu diberikan oleh Pemda DIY kepada Kabupaten/kota di DIY yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah yang bertujuan untuk mendorong Kabupaten/kota di DIY dalam menyiapkan rencanan Pembangunan agar lebih baik, konsisten, komp[rehensif, terukur dan implementatif.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, Bupati Walikota se DIY, serta Pimpinan SKPD di DIY. (humas DIY)

 

(#41 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 41
Visited 3535