Home » Berita »

Kajati Hadiri Audiensi Pimpinan KPK Irjen Purn Basaria Panjaitan di Polda DIY

28 Februari 2017 | 13:31 - Berita Kejaksaan

Pimpinan KPK Inspektur Jendral Purn. Basaria Panjaitan, S.H., M.H., berkesempatan berkunjung di Polda DIY untuk bertatap muka langsung dengan peserta audiensi dari Polda DIY dan Kejaksaan Tinggi DIY, Selasa (28/2). Kegiatan ini merupakan Optimalisasi Pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayah DIY. Selain Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., yang mendampingi Pimpinan KPK, juga hadir mendampingi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY Ibu Sri Harijati P., SH.MM.

Mengawali acara, Kapolda DIY memberikan sambutan sangat mengapresiasi atas kunjungan dari pimpinan KPK dan menjadi penghargaan kebanggaan dan kehormatan yang tinggi bagi kami sebagai fungsi hukum di wilayah DIY.

“Suatu kehormatan bagi kami atas kedatangannya di Polda DIY”, ujar Kapolda DIY saat mengawali kegiatan tersebut.

Saat Pimpinan KPK dalam memberi sambutan menyampaikan penjelasan tentang terbentuknya lembaga KPK yang berawal dari ketidakpuasan terhadap para penegak hukum yaitu polisi dan jaksa, dalam hal ini dalam penanganan tindak pidana korupsi.

“Masyarakat menginginkan institusi yang baru dan dapat dipercaya maka dari itulah KPK dibentuk”. kata Pimpinan KPK.

Lanjut Pimpinan KPK menyampaikan Polisi sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi. Mengambil kembali kepercayaan masyarakat, namun hal ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Menjadi agen berubahan di dalam pemberantasan korupsi sehingga tumbuh kepercayaan oleh masyarakat.

“Ditekankan bahwa pengembalian kerugian negara tidak menghapus suatu tindak pidana yang terjadi. Hal tersebut bisa menjadi catatan hakim nantinya dalam memutuskan untuk mengambil kebijakan”. lanjutnya.

Tidak ragu-ragu dan tidak menimbulkan gaduh-gaduh dalam pemberantasan korupsi. Komunikasi dilakukan oleh setiap tingkat, tidak hanya dilakukan oleh pimpinannya saja menjadikan kesuksesan dalam pemberantasan korupsi.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY Sri Harijati P., SH.MM pada kesempatannya memberikan sambutan menyampaikan tahun ini akan dilakukan kajian terhadap penegak hukum, dengan harapan dengan kajian ini pengemban penegak hukum mampu menjawab tantangan pada saat ini. Dengan harapan seluruh institusi pengemban pemberantasan korupsi saling besinergi dengan dukungan penuh masyarakat.

Kajati menambahkan, kasus korupsi perlu penanganan yang lebih dah maksimal. Koordinasi memang mudah diucapkan, namun tidak mudah dalam penerapannya. Butuh keikhlasan dalam menjalankan tugas ini. Persamaan persepsi dan sinergitas dalam menangani kasus tidak pidana korupsi menjadi kunci utama.

(#54 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 31
Visited 115418