Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta - Berita

Home » Berita »

Kejari Gunungkidul Laksanakan Sidang Online Melalui Video Conference

26 Maret 2020 - Berita Kejaksaan

Kejaksaan Negeri Gunungkidul melaksanakan sidang perkara pidana secara online melalui video conference, hari ini Kamis (26/03/2020). Dilaksanakannya persidangan tersebut bersama Pengadilan Negeri Wonosari, Rumah Tahanan Gunung Kidul dan Pos Bantuan Hukum Daerah Gunungkidul, ini sebuah langkah maju terobosan hukum sekaligus upaya dalam rangka pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 masih belum bisa diatasi, bahkan cenderung meluas, merebak, dan masif penularan dan penyebarannya. Sementara penegakan hukum atau penyelesaian perkara pidana harus terus dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan segera sesuai ketentuan Undang-Undang dan batasan waktu penyelesaian perkara untuk kepastian hukum dan tidak melanggar Hak Asasi Manusia. Kejaksaan Tinggi D.I Yogyakarta mendorong dan memerintahkan kepada seluruh Kejaksaan Negeri di wilayah D.I Yogyakarta untuk melaksanakan persidangan perkara pidana secara online melalui video conference tentunya setelah melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum lain yaitu Hakim pada Pengadilan Negeri, Petugas Rumah Tahanan Negara setempat, dan juga pengacara/pos bantuan hukum yang mendampingi terdakwa.

Hari ini sudah dilaksanakan persidangan secara online melalui aplikasi Skype di Wonosari/Gunungkidul terhadap 5 perkara pidana yang dipantau dan disaksikan langsung oleh Kajati DIY Dr. Masyhudi, S.H., M.H. Dalam Sidang online atau video conference tersebut dilaksanakan beberapa agenda sidang yaitu agenda sidang dakwaan,tuntutan dan pembelaan terdakwa (pledoi).

Aparat penegak hukum Kejaksaan, Pengadilan, dan Rutan menyepakati sidang secara online melalui video conference akan dilaksanakan sampai dengan pengumuman pemerintah bahwa wabah virus Covid-19 sudah bisa ditangani. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam sebuah perjanjian kerjasama atau dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Persidangan yang dilakukan dengan secara online melalui sarana video conference juga akan dilaksanakan di Yogyakarta, Bantul, Sleman, dan Kulon Progo.

(#26 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Buronan

Jika Anda mempunyai informasi mengenai buronan ini. Anda dapat menghubungi Hotline Kejaksaan Tingg D.I.Yogyakarta di nomor ini : +0274-562484

PENDAPAT

Bagaimana tentang pelayanan Kejaksaan menurut Anda ?





Lihat Hasil

Statistik

Pengunjung Saat Ini 7
Dikunjungi 266115

AGENDA

August 2020
MSSRKJS
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

    Testimonial

    "Bagaimana persiapan untuk test CPNS di Kejaksaan tahun 2019, ?
    apa saja sih yang perlu dipersiapk an supaya lulus"
    Syarifudin , Mahasiswa (Jl. Malioboro nomor 33 Yogyakarta)
    "Korupsi sudah merajalela dari kalangan tingkat bawah hingga atas, dengan modus operandi yg sgt rapi, Bergerakla h berantas "KORUPSI""
    Eko Purnomo , PNS (Cokrokusuman jt2/922 yogyakarta 55233)
    "koruptor makin bengis, ibu pertiwi menangis, mari bergerak sinergis ! #LAWAN-KOR UPSi"
    Nur Avicenia , mahasiswa (Banguntapan)
    seribu-kunan g-kunang.blo gspot.com
    "Tegakkan hukum terutama berantas korupsi jangan tebang pilih..sem ua sama di mata hukum..!"
    Dwiyanto , Wiraswasta (Jl Jambon Km 1,2 Sleman)
    "Berantas korupsi sejak dini dimulai dari sekarang dan lingkungan terdekat kita. SAY NO TO CORRUPTION !"
    Hafiz R.R , Pelajar (Jl. Magelang Km 1,4 Yk)

    Tambah | Lihat