Home » Berita »

PJI DIY Adakan Seminar Peranan Perempuan dalam Pencegahan Korupsi

03 Mei 2017 | 12:16 - Berita Kejaksaan

Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Pengurus Daerah DIY hari ini Rabu (3/5) bertempat di aula Kejaksaan Tinggi DIY, menggelar seminar dalam rangka memperingati Hari Kartini. Seminar kali ini membahas tentang korupsi yang sudah menyasar kalangan pejabat dari pusat hingga tingkat desa. Dan secara khusus bertemakan “Peranan Perempuan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia”.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang menjadi tamu sekaligus nara sumber seminar mengatakan banyak modus operandi korupsi yang terjadi di Indonesia. Pelakunya mulai dari menteri, kepala daerah dan pejabat negara lainnya.

Basaria menjelaskan, dalam kasus korupsi yang selama ini ditangani, perempuan sering terseret atau menjadi korban korupsi. Dalam hal ini perempuan sering dijadikan tempat untuk menyimpan hasil korupsi.

"Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus diberantas. Uang hasil korupsi itu bisa disimpan istri atau perempuan lain. Disinilah perempuan harus menjadi agen perubahan untuk pemberantasan korupsi, " ujarnya.

Sementara itu Kajati DIY Sri Harijati P. menambahkan, meski banyak perempuan yang berkontribusi dalam memajukan kehidupan bangsa dan negara, namun masih ada perempuan yang jadi pemicu terjadinya tindak pidana korupsi.

"Hal itu muncul karena masih adanya pandangan sebagian masyarakat bahwa perempuan sebagai ibu rumah tangga, sementara laki-laki pencari nafkah keluarga. Kalau muncul korupsi, ada pandangan keliru bahwa istrilah yang menstimulus suami melakukan korupsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," ungkapnya.

Seminar ini juga menghadirkan nara sumber lain yakni Wakil Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Lili Pintauli Siregar dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur R. Narendra Jatna, dan dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat dan jaksa Kejaksaan Tinggi DIY dan Kejaksaan Negeri se- DIY serta perwakilan instansi provinsi.

(#24 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 117
Visited 14142