Home » Berita »

Upacara Peringatan Hari Pahlawan

10 November 2017 | 08:49 - Berita Kejaksaan

Bertempat dihalaman Kantor Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta, hari ini Jumat (10/11) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 pukul 07.30 WIB. Upacara tersebut dilaksanakan gabungan Pegawai Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta bersama Kejaksaan Negeri Yogyakarta, dengan Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta Ibu Sri Harijati P., SH.MM yang dalam sambutannya membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dengan tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

Tema ini mengandung pesan kepada kita bahwa apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu makna Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 adalah rasa penghargaan yang tinggi kepada jasa para pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Peringatan hari pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawannan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam amanat tersebut Menteri Sosial juga mengingatkan kita bahwa Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Ralqat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan - bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

Dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk kelndonesiaan kita, kita dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu klta, api yang menjadi suasna kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni. api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal yakni adanya harapan dan pengorbanan! Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan ummat manusia di dunia.

(#19 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Statistik

Guest Online 8
Visited 1463