Asintel Kejati DIY Hadiri Groundbreaking Jalan Tol Yogyakarta-Bawen

Berita Kejaksaan30 Maret 2022

Asisten Intelijen Kejati DIY Dede Sutisna, S.H., M.H. menghadiri acara Ground Breaking Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, pada Rabu (30/3/2022) bertempat di Padukuhan Sanggrahan Kalurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman. Groundbreaking ini merupakan groundbreaking jalan tol pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, jalan tol Yogya-Bawen merupakan jalur yang luar biasa. Banyak tantangan akan muncul ketika nanti mulai menjalankan proyek tol tersebut. Karena banyak situs-situs bersejarah akan ditemukan dalam proses pembangunan jalan tol ini.

Sampai saat ini progres pembebasan lahan untuk Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km telah mencapai 92,28%. Sedangkan, progres pembebasan lahan untuk keseluruhan Seksi 1 s.d Seksi 6 adalah sebesar 10,45%.

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tergabung dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam. Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata, meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Komentar Untuk Berita Ini (0)