Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta - Berita

Home » Berita »

Dialog Interaktif Dalam Program Jaksa Menyapa Di Radio RRI PRO 1 Yogyakarta

12 Mei 2022 - Berita Kejaksaan

Dialog Interaktif Jaksa Menyapa dengan nara sumber Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY, Sarwo Edi, S.H. dengan membawakan tema “Datun Suluh Praja Kalurahan”, Kamis (12/5/2022) bertempat di studio RRI PRO 1 Jogja, Jl. Achmad Jazuli No.4 Kotabaru Yogyakarta.

Nara sumber menjelaskan tindak kejahatan yang dilakukan oleh pelaku klitih tidak hanya sebatas penganiayaan, vandalisme, pengeroyokan, pengrusakan fasilitas umum. Perbuatan klitih yang disertai kekerasan membuat masyarakat cemas dikarenakan sebab yang ditimbulkan sepertipengrusakan fasilitas umum , penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Perlu penegakan hukum dan kebijakan hukum pidana dalam penanggulangan perbuatan klitih yang disertai kekerasan di wilayah hukum DIY dengan melakukan upaya non penal (preventif) dan upaya Penal (represif) (upaya penanggulangan setelah terjadi kejahatan).

Aksi klitih dapat dikategorikan sebagai tindak pidana penganiayaan atau pengeroyokan. Tindak pidana penganiayaan, di antaranya, diatur dalam Pasal 351 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) yang berbunyi : (1) Penganiayaan diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah, (2) Jika perbuatan mengakibatkan luka-luka berat, yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (“UU 11/2012”). Pasal 1 angka 3 UU 11/2012 menerangkan bahwa anak yang berkonflik dengan hukum adalah anak yang telah berumur 12 tahun, tetapi belum berumur 18 tahun yang diduga melakukan tindak pidana.

Pada tingkat penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan perkara anak di pengadilan negeri wajib diupayakan Diversi (pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana) yang hanya dilaksanakan dalam hal tindak pidana yang dilakukan dengan syarat diancam dengan pidana penjara di bawah 7 tahun dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana.

 


📽Video lengkapnya dapat disimak di kanal youtube : https://www.youtube.com/watch?v=p1fgTePA0qA&ab_channel=KejatiJogja

@kejaksaan.ri #Kejaksaan #KenaliHukumJauhkanHukuman #JaksaProfesional #jaksamenyapa #wbk2022 #kejaksaanhebat #kejaksaanRI #penguatan

(#55 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Buronan

Jika Anda mempunyai informasi mengenai buronan ini. Anda dapat menghubungi Hotline Kejaksaan Tingg D.I.Yogyakarta di nomor ini : +0274-562484

PENDAPAT

Bagaimana tentang pelayanan Kejaksaan menurut Anda ?





Lihat Hasil

Statistik

Pengunjung Saat Ini 7
Dikunjungi 1775869

AGENDA

May 2022
MSSRKJS
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

    Testimonial

    "\\\"Ayo para pejabat dan penegak hukum,, saatnya sekarang untuk berlomba berbuat kebajikan untuk masyarakat dimasa Pandemi. jangat berpikir untuk mencari keuntungan pribadi \\\""
    Ridwan , Wiraswasta (Jakarta)
    "Wujudkan tata kelola pemerintah an yang baik (good governance ) dan merubah persepsi masyarakat yang negatif terhadap kinerja Kejaksaan."
    Sigit Hardiyanto , Karyawan Swasta (Jl. Jambon 105 Sleman)
    ""
    ()
    "Bagaimana persiapan untuk test CPNS di Kejaksaan tahun 2019, ?
    apa saja sih yang perlu dipersiapk an supaya lulus"
    Syarifudin , Mahasiswa (Jl. Malioboro nomor 33 Yogyakarta)
    "Berantas korupsi sejak dini dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. SAY NO CORRUPTION !!"
    Hafiz R.R , Pelajar (Jl. Magelang Km 1,4 Yk)

    Tambah | Lihat