Kajati DIY Resmikan Rumah Restorative Justice (JR) di Kab.Bantul

Berita Kejaksaan19 Mei 2022

Kejaksaan Tinggi DIY dan Kejaksaan Negeri Bantul bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) di Kantor Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, pada Kamis (19/5/2022). Rumah Restorative Justice tersebut diresmikan oleh Kajati DIY Katarina Endang Sarwestri, S.H., M.H. dan dihadiri Aspidum Kejati DIY Agus Setiadi, S.H., M.H., Kajari Bantul Suwandi, S.H., M.Hum., Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua Pengadilan Negeri Bantul Aminuddin, S.H., M.H., Sekda Kab. Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M., Wakapolres Bantul Kompol Sancoko, SIK., S.H., M.H., Kasdim 0729/Bantul Mayor Inf Widiantoro dan tokoh agama.

Kajati DIY memaparkan bahwa Restorative Justice merupakan salah satu solusi penyelesaian perkara tindak pidana tanpa harus melalui penegakan hukum di pengadilan. Menurutnya, keadilan yang restoratif adalah mengembalikan keadaan seperti semula sebelum munculnya tindak pidana.

Dengan diresmikannya Rumah RJ ini maka tindak pidana ringan yang memenuhi syarat Restorative Justice dapat diselesaikan melalui musyawarah dan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dalam Rumah RJ ini, tak hanya melibatkan pelaku dan korban saja, tapi juga perlu peran serta dari tokoh masyarakat, tokoh agama untuk mencapai mufakat dalam musyawarah.

Namun demikian, tidak semua tindak pidana bisa diselesaikan dengan restorative justice. Secara garis besar, syarat yang diperlukan untuk restorative justice adalah tindak pidana tersebut merupakan tindak pidana ringan.

Sementara itu, Bupati Bantul menyatakan semoga dengan kehadiran rumah restorative justice ini akan mewujudkan kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan yang tidak hanya bagi tersangka, korban, dan keluarganya, tetapi juga keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindari adanya stigma negatif.

 

 

 

@kejaksaan.ri #wbk2022 #kejaksaanhebat #kejaksaanRI #penguatanRB #kejaksaanRB #kejatijogja #Berintegritas #KerjaCerdas #MelayaniDenganIkhlas

Komentar Untuk Berita Ini (0)