Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta - Berita

Home » Berita »

Kajati DIY Resmikan Rumah Restorative Justice (JR) di Kab.Bantul

19 Mei 2022 - Berita Kejaksaan

Kejaksaan Tinggi DIY dan Kejaksaan Negeri Bantul bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) di Kantor Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, pada Kamis (19/5/2022). Rumah Restorative Justice tersebut diresmikan oleh Kajati DIY Katarina Endang Sarwestri, S.H., M.H. dan dihadiri Aspidum Kejati DIY Agus Setiadi, S.H., M.H., Kajari Bantul Suwandi, S.H., M.Hum., Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua Pengadilan Negeri Bantul Aminuddin, S.H., M.H., Sekda Kab. Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M., Wakapolres Bantul Kompol Sancoko, SIK., S.H., M.H., Kasdim 0729/Bantul Mayor Inf Widiantoro dan tokoh agama.

Kajati DIY memaparkan bahwa Restorative Justice merupakan salah satu solusi penyelesaian perkara tindak pidana tanpa harus melalui penegakan hukum di pengadilan. Menurutnya, keadilan yang restoratif adalah mengembalikan keadaan seperti semula sebelum munculnya tindak pidana.

Dengan diresmikannya Rumah RJ ini maka tindak pidana ringan yang memenuhi syarat Restorative Justice dapat diselesaikan melalui musyawarah dan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dalam Rumah RJ ini, tak hanya melibatkan pelaku dan korban saja, tapi juga perlu peran serta dari tokoh masyarakat, tokoh agama untuk mencapai mufakat dalam musyawarah.

Namun demikian, tidak semua tindak pidana bisa diselesaikan dengan restorative justice. Secara garis besar, syarat yang diperlukan untuk restorative justice adalah tindak pidana tersebut merupakan tindak pidana ringan.

Sementara itu, Bupati Bantul menyatakan semoga dengan kehadiran rumah restorative justice ini akan mewujudkan kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan yang tidak hanya bagi tersangka, korban, dan keluarganya, tetapi juga keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindari adanya stigma negatif.

 

 

 

@kejaksaan.ri #wbk2022 #kejaksaanhebat #kejaksaanRI #penguatanRB #kejaksaanRB #kejatijogja #Berintegritas #KerjaCerdas #MelayaniDenganIkhlas

(#6 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Buronan

Jika Anda mempunyai informasi mengenai buronan ini. Anda dapat menghubungi Hotline Kejaksaan Tingg D.I.Yogyakarta di nomor ini : +0274-562484

PENDAPAT

Bagaimana tentang pelayanan Kejaksaan menurut Anda ?





Lihat Hasil

Statistik

Pengunjung Saat Ini 7
Dikunjungi 1864349

AGENDA

July 2022
MSSRKJS
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

    Testimonial

    "Wujudkan tata kelola pemerintah an yang baik (good governance ) dan merubah persepsi masyarakat yang negatif terhadap kinerja Kejaksaan."
    Sigit Hardiyanto , Karyawan Swasta (Jl. Jambon 105 Sleman)
    "Berantas korupsi sejak dini dimulai dari sekarang dan lingkungan terdekat kita. SAY NO TO CORRUPTION !"
    Hafiz R.R , Pelajar (Jl. Magelang Km 1,4 Yk)
    "Korupsi sudah merajalela dari kalangan tingkat bawah hingga atas, dengan modus operandi yg sgt rapi, Bergerakla h berantas "KORUPSI""
    Eko Purnomo , PNS (Cokrokusuman jt2/922 yogyakarta 55233)
    "\\\"Ayo para pejabat dan penegak hukum,, saatnya sekarang untuk berlomba berbuat kebajikan untuk masyarakat dimasa Pandemi. jangat berpikir untuk mencari keuntungan pribadi \\\""
    Ridwan , Wiraswasta (Jakarta)
    "Bagaimana persiapan untuk test CPNS di Kejaksaan tahun 2019, ?
    apa saja sih yang perlu dipersiapk an supaya lulus"
    Syarifudin , Mahasiswa (Jl. Malioboro nomor 33 Yogyakarta)

    Tambah | Lihat