Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta - Berita

Home » Berita »

Kejari Sleman Hentikan Penuntutan 2 Perkara Berdasarkan Keadilan Restoratif

08 Maret 2021 - Berita Kejaksaan

Senin (08/03/2021) Kejaksaan Negeri Sleman, menghentikan penuntutan berdasarkan keadilan restoratif terhadap dua perkara yaitu kecelakaan lalulintas dengan korban mengalami luka-luka berat dan penganiayaan dengan korban mengalami luka-luka.

Penghentian penuntutan berdasarkan Peraturan Kejaksaan RI No. 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif. Serta dalam rangka melaksanakan salah satu dari 7 Program Kerja Prioritas Kejaksaan RI Tahun 2021, yakni Penegakan Hukum Yang Berkeadilan, serta Memberikan Kemanfaatan, Khususnya Dalam Upaya Memulihkan Korban Kejahatan dan Memperbaiki Pelaku.

Syarat Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif antara lain pelaku/tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, tindak pidana hanya diancam dengan pidana denda atau dengan diancam pidana penjara tidak lebih dari 5 (lima) tahun dan tindak pidana dilakukan dengan nilai barang bukti atau nilai kerugian yang ditimbulkan akibat dari tindak pidana tidak lebih dari Rp. 2,5 juta. Selain itu juga ada kesepakatan perdamaian antara pelaku dengan korban, dimana Jaksa Penuntut Umum bertindak sebagai fasilitator yang tidak memihak kepada salah satu pihak.

Jaksa Penuntut Umum saat melakukan penelitian berkas perkara memeriksa apakah perkara dimaksud memenuhi syarat untuk dilakukan penghentian penuntutan perkara berdasarkan keadilan restoratif. Setelah dilakukan penerimaan tersangka dan barang bukti, dilakukan upaya perdamaian dan proses perdamaian kepada tersangka dan korban di kantor Kejaksaan Negeri

(#49 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini    Posting komentar   Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Pejabat Struktural

Buronan

Jika Anda mempunyai informasi mengenai buronan ini. Anda dapat menghubungi Hotline Kejaksaan Tingg D.I.Yogyakarta di nomor ini : +0274-562484

PENDAPAT

Bagaimana tentang pelayanan Kejaksaan menurut Anda ?





Lihat Hasil

Statistik

Pengunjung Saat Ini 7
Dikunjungi 1070738

AGENDA

October 2021
MSSRKJS
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

    Testimonial

    "Wujudkan tata kelola pemerintah an yang baik (good governance ) dan merubah persepsi masyarakat yang negatif terhadap kinerja Kejaksaan."
    Sigit Hardiyanto , Karyawan Swasta (Jl. Jambon 105 Sleman)
    "Korupsi sudah merajalela dari kalangan tingkat bawah hingga atas, dengan modus operandi yg sgt rapi, Bergerakla h berantas "KORUPSI""
    Eko Purnomo , PNS (Cokrokusuman jt2/922 yogyakarta 55233)
    "Berantas korupsi sejak dini dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. SAY NO CORRUPTION !!"
    Hafiz R.R , Pelajar (Jl. Magelang Km 1,4 Yk)
    "\\\"Ayo para pejabat dan penegak hukum,, saatnya sekarang untuk berlomba berbuat kebajikan untuk masyarakat dimasa Pandemi. jangat berpikir untuk mencari keuntungan pribadi \\\""
    Ridwan , Wiraswasta (Jakarta)
    "koruptor makin bengis, ibu pertiwi menangis, mari bergerak sinergis ! #LAWAN-KOR UPSi"
    Nur Avicenia , mahasiswa (Banguntapan)
    seribu-kunan g-kunang.blo gspot.com

    Tambah | Lihat