RAPAT KERJA NASIONAL KEJAKSAAN RI TAHUN 2015

Berita Kejaksaan15 Desember 2015

Kejaksaan Agung RI melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan RI tahun 2015 bertempat di Badan Diklat Kejaksaan RI, Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Rakernas Kejaksaan RI ini, dimulai tanggal 14 Desember sampai dengan 18 Desember 2015 dan dibuka secara resmi oleh Jaksa Agung RI HM. Prasetyo pada hari Selasa, 15 Desember 2015 pukul 09:00 WIB.

Rakernas tahun ini bertemakan “Mewujudkan kehadiran Negara yang kuat dalam penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya,”. Peserta Rakernas terdiri dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Asisten Intelijen, Asisten Tindak Pidana Umum, Asisten Tindak Pidana Khusus, dan Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia.

Jaksa Agung RI HM. Prasetyo bersama Wakil Jaksa Agung RI D. Andhi Nirwanto membuka Rakernas tahun 2015 yang secara simbolis memukul gong.

Dalam sambutan pembukaan Jaksa Agung HM. Prasetyo mengatakan rapat kerja kali ini merupakan tahun pertama saya dalam jabatan sebagai Jaksa Agung. Saya menyadari dalam setahun ini, kita telah berbuat dan melakukan banyak hal, namun masih banyak pula hal yang masih harus dikerjakan guna mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Untuk mewujudkan gagasan besar tersebut khususnya bagi upaya tegaknya hukum, banyak tantangan yang harus dihadapi. Akan tetapi kita harus mampu menjawab keinginan dan harapan masyarakat akan hadirnya keadilan dan kesejahteraan dimaksud.

"Oleh karenanya perubahan yang dilakukan oleh Kejaksaan melalui penyusunan program-programnya, haruslah benar-benar sesuai arahan sebagaimana diuraikan serta mampu menjangkau 8 area perubahan yang menjadi fokus pembenahan yakni : Mental Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Kelembagaan, Tata Laksana, SDM Aparatur, Peraturan Perundang-Undangan dan Pelayanan Publik," kata HM. Prasetyo.

"Secara khusus, saya mendorong agar setiap peserta Rapat Kerja Kejaksaan RI tahun 2015 ini, dapat mendiskusikan beberapa terobosan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di satuan kerjanya masing-masing. Salah satunya adalah terobosan berupa quick wins seperti pengembalian barang bukti secara langsung kepada yang berhak. Satuan-satuan kerja yang telah melaksanakan program yang berdampak langsung pada penilaian positif masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan agar dapat kiranya di ikuti oleh satuan-satuan kerja lainnya," tegasnya.

"Dalam rapat kerja ini, saya berharap saudara-saudara dapat saling berinteraksi dan saling memberi kontribusi pemikiran demi kemajuan institusi yang kita cintai. Akhirnya saya ucapkan selamat melaksanakan Rapat Kerja Nasional Kejaksaan RI Tahun 2015, dan semoga semua harapan kita agar Rapat Kerja ini dapat menghasilkan suatu rekomendasi yang baik," kata HM. Prasetyo sebelum mengakhiri sambutan.

Sekedar informasi, rangkaian pelaksanaan Rakernas ini dimulai pada pagi hingga malam hari. Terlihat peserta rakernas begitu antusias dan bersemangat saat narasumber memberikan paparan. Tak hanya itu rekomendasi dari masing-masing bidang juga dipaparkan di depan Jaksa Agung RI.

Beberapa Menteri maupun Pejabat Kejaksaan ikut berpatisipasi dalam menyampaikan ceramah dan pengarahan dalam Rakernas tersebut, adalah sebagai berikut :

  1. Jaksa Agung RI
  2. Wakil Jaksa Agung RI
  3. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Koemolo
  4. Kepala Bappenas, Sofyan Djalil
  5. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB atau yang mewakili
  6. Ketua BPK atau yang mewakli
  7. Ketua Komisi Kejaksaan, Soemarno
  8. Para Jaksa Agung Muda dan
  9. Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI. (pd)

Komentar Untuk Berita Ini (0)